Tuesday, April 25, 2017
Breaking News


Kuliner dengan Nama Unik di Surabaya

Rawon Setan

Apalah arti sebuah nama, demikian pernyataan William Shakespeare. Namun bagi para pelaku bisnis kuliner, pemberian nama produk termasuk salah satu hal yang harus diperhatikan. Terlebih lagi jika produk itu memiliki nama yang unik dan menarik. Fungsinya, untuk menimbulkan rasa penasaran orang sehingga tertarik membelinya. Di Surabaya, terdapat beberapa kuliner dengan namanama yang tidak pada umumnya. Dan hal itu ternyata sukses terbukti mampu menjaring lebih banyak pengunjung ke tempat mereka.

Rawon Setan
Sesuai namanya, Rawon Setan di awal berjualan hanya pada malam hari saja. Dulu Rawon Setan baru beroperasional pada pukul 22.00 WIB. Kini Rawon Setan tidak hanya buka di malam hari saja, tapi juga beroperasi di pagi dan siang hari. Nama Rawon setan memang sudah banyak di Jakarta atau pun di Bandung. Namun Rawon Setan di jalan Embong Malang memiliki khas tersendiri. Rawon Setan di Surabaya ini adalah Rawon Setan asli dan yang pertama ada di Indonesia.

Rawon Kalkulator
Kedai makan di kawasan Taman Bungkul  ini disebut dengan Rawon Kalkulator karena semua pegawainya hafal di luar kepala harga-harga makanan dan minuman di sana, serta bisa menghitung cepat berapa total harga pesanan para pelanggan. Hebatnya, pelanggan hanya perlu menyebutkan apa saja makanan dan minuman yang mereka pesan, dan para pegawai ini akan langsung menyebutkan jumlah total tanpa salah.

Nasi Goreng Jancuk
Nasi Goreng Jancuk

Nasi Goreng Jancuk
Istilah “jancuk” memang cukup populer di kalangan masyarakat Surabaya. Sering digunakan sebagai umpatan, mengungkapkan kemarahan atau kesal. Kini istilah itu banyak digunakan untuk kuliner nasi goreng super pedas. Nama Nasi Goreng Jancuk sendiri kali pertama dibuat koki Surabaya Plaza Hotel dan sudah cukup terkenal di Surabaya. Eko sang koki awalnya iseng membuat racikan nasi goreng untuk teman-temannya, yang berbeda dari biasanya. Dia memakai cabai rawit yang banyak sehingga nasi gorengnya sangat pedas dan teman-temannya mengumpat kepedasan. Kini mulai banyak nasi goreng serupa yang menggunakan istilah tersebut di tempat makan lainnya, termasuk di pusat perbelanjaan.

Bebek Mercon
Nasi bebek satu ini terkenal dengan pedasnya yang meledak di mulut. Bebek Mercon memiliki tingkat kepedasan yang cukup tinggi, oleh karena itu dinamai dengan Bebek Mercon (petasan). Harapannya, setelah makan nasi Bebek Mercon yang ada di Jalan Kayoon ini pelanggan akan merasakan kebakaran akibat rasa panas sambal cabe seperti panas petasan (mercon).

Mie Akhirat
Mie Akhirat

Mie Akhirat
Nama mie ayam ini memang cukup seram. Dengan tagline “Nikmatnya Surga, Pedasnya Neraka”, Mie Akhirat memiliki menu unik yang terdiri dari Surga (warna putih) dan Neraka (warna hitam). Aneka pilihan menu yang tersedia disini yaitu Mie Akhirat, Ramen Akhirat, dan Tamie Ice Cream. Aneka olahan makanan disini memiliki beberapa level kepedasan dan tetap memiliki citarasa khas meski dinikmati dengan level kepedasan yang tinggi sekalipun, dimana tiap level kepedasan setara dengan 5 cabai.

Text by Dian

About Wisata Mudik

Mudik tidak hanya dilakukan pada hari-hari besar ke Agamaan, akan tetapi mudik bisa dilakukan kapan saja. wisatamudik.com adalah salah satunya yang akan membantu Anda guna mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Check Also

Lezatnya Aneka Rasa Lumpia Semarang

Lezatnya Aneka Rasa Lumpia Semarang

Lumpia atau juga sering disebut lunpia atau loenpia, namanya sangat identik sebagai oleh-oleh khas Kota …

One comment

  1. Great site. Plenty of useful info here. I am sending it
    to several friends ans also sharing in delicious.
    And obviously, thank you to your effort!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *