Sunday, October 22, 2017
Breaking News


Mabuk Saat di Perjalanan
Mabuk Saat di Perjalanan

Cara Mengatasi Mabuk Saat Perjalanan

Saat berlibur keluar kota menggunakan jalur darat, laut maupun udara salah satu masalah yang sering terjadi saat perjalanan adalah mabuk atau mual. Perjalanan menjadi tidak menyenangkan karena masalah tersebut. Tubuh menjadi lemas, kepala pusing bahkan disertai sakit, perut mual, sulit tidur, dan stres.

Mabuk perjalanan dapat dipicu oleh bau-bau tajam seperti asap rokok, wewangian, kurangnya kadar oksigen, banyaknya kadar karbon dioksida di dalam kendaraan, sistem suspensi kendaraan yang tidak baik dan jalanan yang tidak rata dan menatap handphone atau membaca buku dengan pandangan ke bawah.

Berikut cara agar sepanjang perjalanan lancar dan nyaman tanpa mabuk:

  1. Pilih posisi yang tepat. Saat perjalanan menggunakan mobil atau bus sebaiknya duduk di depan dekat sopir. Jika menggunakan kereta api duduk di dekat jendela dan putar sandaran kursi agar Anda duduk menghadap arah lokomotif. Jika kapal laut, pilih kabin di tengah sebab pada titik ini goyangan kapal paling kecil. Sedangkan saat menaiki pesawat duduklah di dekat tepi depan sayap.
  1. Duduk santai dan tidak terlampau tegak. Usahakan agar posisi mata memandang terpaku pada sekitar 45 derajat di atas garis cakrawala dan pandangan tidak terus menengok kiri-kanan.
  1. Isi perut sebelum perjalanan hindari makanan berat yang butuh waktu lama untuk dicerna, dan hindari makanan yang mengandung lemak, pedas atau beraroma kuat seperti daging ikan. Jangan sampai makan berlebihan.
  1. Bawa beberapa buah jahe saat perjalanan karena jahe terbukti sangat efektif mengurangi mual-mual karena mabuk perjalanan. Pada balita, sebaiknya balurkan parutan jahe pada perut mereka.
  1. Jika mual muncul, makanlah buah yang Anda bawa. Jika mual tak reda, kepal dan lemaskan jemari tangan dan kaki berulang-ulang untuk menaikkan peredaran darah.
  1. Buka kaca mobil untuk mensirkulasikan udara segar ke dalam. Jika rasa mual makin hebat, menepi dan berhentilah sejenak. Namun cara ini hanya bisa Anda lakukan saat menaiki bus atau kendaraan pribadi.

Text by Anggi
Photo: Ilustrasi

About Wisata Mudik

Mudik tidak hanya dilakukan pada hari-hari besar ke Agamaan, akan tetapi mudik bisa dilakukan kapan saja. wisatamudik.com adalah salah satunya yang akan membantu Anda guna mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Check Also

Mudik ala Backpacker

Mudik Aman ala Backpacker

Menjadi sebuah kebahagiaan bila para pendatang yang memadati Jakarta setiap harinya ternyata bisa mudik disaat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *