Tuesday, December 12, 2017
Breaking News


Lezatnya Aneka Rasa Lumpia Semarang

Lumpia Semarang

Lumpia atau juga sering disebut lunpia atau loenpia, namanya sangat identik sebagai oleh-oleh khas Kota Semarang. Makanan yang berbahan dasar dari tumisan rebung (tunas bambu muda) dicampur adonan telur yang dibungkus dengan gelaran kulit yang terbuat dari tepung beras ini, memang memiliki sejarah cukup panjang di kota ini.

Cita rasa lumpia Semarang merupakan perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia. Pembuat resepnya awalnya seperti tertulis di wikipedia adalah Tjoa Thay Yoe–Wasih yang merupakan pasangan keturunan Tionghoa dan Indonesia yang menetap di Semarang. Makanan ini mulai dijajakan dan dikenal di Semarang ketika pesta olahraga GANEFO diselenggarakan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Sekarang ini ada beberapa kios lumpia yang merupakan keturunan langsung dari pencipta lumpia Semarang, Tjoa Thay Yoe–Wasih. Seperti Lumpia Gang Lombok (Siem Swie Kiem), Lumpia Jalan Pemuda (almarhum Siem Swie Hie), dan Lumpia Jalan Mataram (almarhumah Siem Hwa Nio). Generasi tertua saat ini, yaitu generasi ketiga Siem Swie Kiem (68), yang berlokasi di Gang Lombok 11. Sedang dua kios Lumpia lainnya, yaitu yang berada di Jalan Pemuda dan di Jalan Mataram sudah dikelola oleh generasi keempat.

Tentu penjual lumpia tidak hanya dari keturunan pencipta lumpia Semarang, sekarang ini banyak juga pengusaha ataupun pedagang yang membuat lumpia Semarang. Beberapa dari pedagang lumpia ini merupakan mantan dari karyawan dinasti pencipta lumpia Semarang. Selain itu, ada juga dari pecinta kuliner yang kemudian ikut membuat lumpia Semarang dengan cita rasa tersendiri.

Dari berbagai lumpia yang ditawarkan, secara garis besar ada dua pilihan lumpia yang bisa kita pesan, yaitu lumpia goreng dan lumpia basah (tanpa digoreng), keduanya sama-sama nikmatnya. Sebagai penambah citarasa lumpia dipadu dengan saus gula, bawang putih, acar mentimun, daun bawang merah, dan lombok. Acar dan daun bawang bisa mengurangi rasa manis rebung.

Dalam perkembangannya, ada aneka rasa lumpia yang ditawarkan. Jika awalnya untuk menambah cita rasa, tumisan rebung dicampur dengan ayam dan telur atau udang dan telur, sekarang juga ada kepiting, dan tentunya juga lumpia spesial yang isinya merupakan campuran dari ayam, udang, kepiting, dan telur. Aneka rasa lumpia ini benar-benar menawarkan kenikmatan sesuai dengan selera kita.

Untuk mendapatkan lumpia di Semarang sangatlah mudah, kita bisa mengunjungi Jalan Pandanaran, Jalan Mataram, Jalan Gajah Mada, Gang Lombok atau di Jalan Pemuda. Yang paling banyak pilihannya tentu di Jalan Pandanaran. Anda tentu bisa memilih salah satu toko lumpia yang sesuai dengan selera Anda.

Text by Moenif

About Wisata Mudik

Mudik tidak hanya dilakukan pada hari-hari besar ke Agamaan, akan tetapi mudik bisa dilakukan kapan saja. wisatamudik.com adalah salah satunya yang akan membantu Anda guna mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Check Also

Segar dengan Kuah Bening ala Soto Semarang

Segar dengan Kuah Bening ala Soto Semarang

Bagi masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan menu soto. Menu ini banyak dijumpai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *