Sunday, October 22, 2017
Breaking News


House of Sampoerna
House of Sampoerna

Wisata Sekaligus Belajar Sejarah di House of Sampoerna

House of Sampoerna merupakan komplek wisata yang terdiri dari museum, galeri, restoran, dan menyelenggarakan tur wisata Kota Lama. Terletak di kawasan Surabaya lama Jl. Taman Sampoerna, kompleks bangunan megah bergaya kolonial Belanda itu dibangun pada 1862 dan saat ini merupakan situs bersejarah yang dilestarikan.

Awalnya digunakan sebagai panti asuhan putra yang dikelola pemerintah Belanda, kompleks ini dibeli pada 1932 oleh Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna untuk dijadikan pabrik rokok Sampoerna yang pertama. Kompleks ini terdiri dari sebuah auditorium sentral yang luas, dua bangunan lebih kecil di sayap timur dan barat serta beberapa bangsal luas berlantai satu di belakang auditorium sentral. Bangunan di kedua sayap auditorium kemudian diubah menjadi tempat kediaman keluarga, sementara bangsal-bangsal besar yang menyerupai gudang dimanfaatkan untuk pengolahan tembakau dan cengkeh, peracikan, pelintingan dan pengepakan, percetakan serta pemrosesan barang jadi.

Sampai saat ini, kompleks ini masih berfungsi sebagai pabrik untuk memproduksi rokok kretek paling bergengsi di Indonesia, Dji Sam Soe. Memperingati ulang tahun ke-90 Sampoerna di 2003, kompleks utama telah dipugar dengan seksama dan saat ini terbuka untuk masyarakat umum.

Auditorium sentral saat ini difungsikan sebagai museum dan sayap timur telah disulap menjadi suatu bangunan yang unik yang menaungi sebuah kafe, shop dan galeri seni. Bangunan di sayap barat tetap dipertahankan sebagai kediaman resmi keluarga.

House of Sampoerna sebagai salah satu penggiat seni, budaya dan pariwisata turut memeriahkan hari jadi kota Surabaya dengan menggelar berbagai program seni dan budaya untuk mengembalikan memori warga Surabaya akan nilai-nilai budaya yang masih ada namun mulai terlupakan.

Museum
Museum House of Sampoerna menyajikan pengalaman unik bagi para pengunjungnya, termasuk informasi-informasi mengenai keluarga pendiri, perjalanan bisnis Sampoerna, serta mengajak pengunjung untuk melihat langsung lebih dari 400 wanita pekerja yang melinting tembakau dengan kecepatan yang memukau. Mereka sanggup melinting 325 batang rokok per jam.

Surabaya Heritage Track (SHT)
Surabaya Heritage Track (SHT)

Surabaya Heritage Track (SHT)
Untuk memperdalam wawasan masyarakat mengenai sejarah Surabaya seperti yang dijelaskan di Museum, Surabaya Heritage Track (SHT) mengadakan program tematik tur Kota Lama. Jadwal tur dibuat secara bergantian dan berbeda. Diantaranya para pengunjung akan diajak mengunjungi Kantor Pos Simpang dan Kantor Pos Kebon Rojo untuk mengetahui sejarah pos Indonesia secara lebih mendalam. Kemudian pengunjung berkesempatan mempelajari sejarah kota Surabaya yang dahulunya menganut sistem pemerintahan kekratonan dengan mengunjungi Kampung Kraton, Balai Kota dan Gedung Cak Durasim yang dahulunya merupakan Istana Kanoman, serta masih banyak tur ke lokasi historis lainnya.

Galeri Seni
Galeri Seni senantiasa menghadirkan berbagai pameran seni dan budaya dengan tema yang berbeda setiap bulannya.

Shop
Berupaya memberi ruang kepada clothing line asal Surabaya, Shop Sampoerna bekerjasama dengan beberapa clothing line di Surabaya. Di sini para pengunjung bisa membeli aneka cinderamata seperti kaos, mug, gantungan kunci dan lainnya yang bertemakan Surabaya.

a café
Mengusung konsep tradisional dengan balutan modern, a café menyajikan menu-menu lezat untuk para pengunjung. Mulai dari kuliner Asia hingga Barat akan memuaskan selera para pengunjung yang bisa dinikmati bersama alunan musik live.

a cafe
a cafe

Text by Dian

About Wisata Mudik

Mudik tidak hanya dilakukan pada hari-hari besar ke Agamaan, akan tetapi mudik bisa dilakukan kapan saja. wisatamudik.com adalah salah satunya yang akan membantu Anda guna mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Check Also

Agrowisata Di Bhakti Alam, Pasuruan

Agrowisata di Bhakti Alam Pasuruan

Bhakti Alam merupakan agrowisata atau wisata alam yang menyajikan keindahan alam dengan kebun buah yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *